3 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Melamar Pekerjaan

3 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Melamar Pekerjaan

Melamar suatu pekerjaan merupakan suatu proses yang pasti dilalui hampir oleh semua orang untuk mendapatkan posisi atau jabatan pada perusahaan dimana dia melamar.

Sebelum melamar kerja, terdapat banyak hal yang perlu dipersiapkan oleh pelamar kerja sendiri agar dapat diterima oleh perusahaan atau organisasi tempat dia melamar. Dimana, persiapan yang dibutuhkan dapat bersifat teknis atau mental dari pelamar kerja itu sendiri.

Oleh sebab itu, pelamar kerja harus mengetahui hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum melamar pekerjaan agar dapat diterima di perusahaan impiannya.

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu dipersiapkan oleh pelamar kerja sebelum melamar suatu pekerjaan:

1. Menulis Surat Lamaran Kerja

Menulis surat lamaran kerja merupakan tahap awal dan wajib bagi semua pelamar kerja dalam melamar suatu pekerjaan. Dimana surat lamaran kerja berfungsi untuk menjelaskan kepada perusahaan atau organisasi dimana pelamar kerja melamar mengenai jabatan atau posisi yang ingin didudukinya dan kualifikasi diri dari pelamar itu sendiri.

Dalam menulis surat lamaran kerja yang baik, pelamar kerja harus dapat menarik perhatian perusahaan atau organisasi agar tertarik dengan kualifikasi yang dia miliki dan perusahaan menjadi ingin tahu lebih lanjut pelamar kerja sendiri.

Oleh sebab itu, bagi semua pelamar kerja, sebelum akan melamar pekerjaan di suatu perusahaan atau organisasi perlu diketahui teknik-teknik penulisan surat lamaran kerja yang baik dan benar agar perusahaan dapat tertarik dengan anda. Untuk lebih lanjut mengenai cara menulis surat lamaran kerja dapat dilihat pada : Cara Menulis Surat Lamaran Kerja

2. Membuat Resume/CV

Setelah menulis surat lamaran kerja, pelamar kerja juga harus mempersiapkan resume/CV. Dimana Resume/CV ini berfungsi untuk memberikan informasi kepada perusahaan atau organisasi mengenai biodata anda sendiri dan daftar riwayat hidup yang disusun secara rapi dan teratur.

Bedanya resume dengan surat lamaran kerja, pada resume kualifikasi anda dijelaskan secara lebih lengkap dan teratur. Sehingga perusahaan atau organisasi dapat mengenal lebih baik anda tanpa harus bertemu langsung dengan anda.

Oleh sebab itu, dalam pembuatan resume/CV merupakan tahap yang penting dalam melamar pekerjaan. Anda perlu untuk merencanakan pembuatan resume/CV anda semenarik mungkin agar perusahaan dapat tertarik. Untuk lebih jelas mengenai cara pembuatan resume/CV dapat dilihat pada: Cara Penulisan Resume/CV yang Baik dan Benar

Anda juga dapat menghias resume/CV anda dengan menambahkan berbagai desain yang menarik agar resume/CV anda terlihat lebih profesional. Hanya saja, hal ini biasanya juga bergantung pada jenis jabatan atau posisi yang anda lamar. Dimana, untuk jabatan seperti desainer tentunya dalam pembuatan resume/CV harus dihias semenarik mungkin agar perusahaan atau organisasi lebih yakin terhadap skill yang anda miliki.

3. Persiapan Wawancara Kerja

Setelah anda lolos pada tahap seleksi awal saat melamar suatu pekerjaan. Maka, selanjutnya anda akan memperoleh panggilan oleh perusahaan atau organisasi dimana anda melamar untuk dilakukan wawancara kerja.

Wawancara kerja merupakan tahap yang sangat penting dalam melamar suatu pekerjaan. Karena, dari sekian banyak pelamar yang telah lolos pada tahap seleksi, selanjutnya akan disaring lagi melalui proses wawancara kerja.

Dimana, dalam wawancara kerja ini, pewawancara kerja akan menanyakan berbagai jenis pertanyaan yang berkaitan maupun tidak berkaitan dengan posisi yang akan anda lamar. Dimana, tujuan utama dari pewawancara kerja menanyakan informasi tersebut adalah untuk mengetahui lebih lanjut tentang diri atau pribadi dari pelamar kerja.

Oleh sebab itu, pelamar kerja sebelum akan melakukan wawancara kerja, ada baiknya untuk mempersiapkan berbagai pertanyaan yang sering kali ditanyakan agar dapat menjawab semua pertanyaan dari pewawancara kerja secara lancar. Untuk lebih jelas mengenai pertanyaan-pertanyaan yang sering kali ditanyakan oleh pewawancara kerja, dapat dilihat di: Pertanyaan Yang Sering Ditanyakan dalam Wawancara kerja

Selain itu, terdapat hal-hal lain juga yang perlu diperhatikan juga oleh pelamar kerja sebelum datang dan pada saat wawancara kerja sendiri. Karena, kesalahan sedikit saja yang dilakukan saat proses wawancara kerja, dapat berakibat cukup fatal bagi pelamar kerja tersebut. Oleh sebab itu, terdapat hal-hal yang perlu dilakukan dan harus dihindari oleh pelamar kerja saat hendak dan sedang melakukan wawancara kerja. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada: Hal-Hal yang Perlu Dilakukan dan Dihindari Saat Wawancara Kerja.

0 komentar