Cara Menulis Surat Lamaran Kerja

Surat Lamaran Kerja

Pengertian

Surat lamaran kerja adalah surat yang digunakan seseorang untuk melamar suatu pekerjaan atau jabatan dalam organisasi/perusahaan tertentu. Dalam menulis surat lamaran kerja, pelamar kerja perlu menulis kualifikasi yang dimilikinya yang sesuai dengan jabatan/posisi yang ingin didudukinya. Selain itu, pelamar kerja juga perlu untuk menulis surat lamaran semenarik mungkin agar perusahaan tertarik terhadap anda.

Agar surat lamaran tersebut menarik, pelamar kerja dalam menulis surat lamaran harus menggunakan pendekatan AIDA (Attention, Interest, Desire, dan Action).


AIDA

Konsep AIDA ini sangat penting dalam berbagai bidang, salah satunya adalah dalam penulisan surat lamaran kerja. Jadi, dalam menulis surat lamaran kerja, pelamar kerja harus memasukkan setiap poin AIDA (Attention, Interest, Desire, dan Action) dalam surat lamaran tersebut dan tentunya harus berurut.

1. Attention

Surat lamaran kerja harus dimulai dengan attention (perhatian). Artinya, pelamar kerja harus dapat meyakinkan perusahaan/organisasi bahwa ia memiliki sesuatu yang bermanfaat sehingga dapat menimbulkan rasa tertarik dari pembaca terhadap pelamar kerja.

Selain itu, pelamar kerja juga dapat menuliskan tentang dari mana ia memperoleh informasi tentang lowongan kerja perusahaan bersangkutan dan mengapa ia tertarik terhadap posisi tersebut.

2. Interest

Selanjutnya, dalam penulisan surat lamaran kerja pelamar kerja harus dapat menarik perhatian pembaca. Dimana, pada tahap ini, pelamar kerja harus dapat menegaskan kualifikasi yang ia miliki dan harus relevan dengan kualifikasi yang dibutuhkan pekerjaan.

3. Desire

Setelah itu, dalam penulisan surat lamaran kerja, pelamar harus dapat menimbulkan hasrat (desire) pembaca untuk mengetahui lebih lanjut tentang ada. Dimana pelamar kerja untuk dapat menimbulkan hasrat dari pembaca, dapat menunjukkan bukti-bukti pendukung yang berhubungan dengan kualifikasi anda.

4. Action

Terakhir, dalam penulisan surat lamaran kerja, pelamar harus dapat memberikan saran kepada pembaca untuk mengambil suatu tindakan tertentu. Biasanya ditulis dalam bentuk harapan kedepannya dari si pelamar. Contohnya seperti harapan untuk melakukan wawancara kerja.

Penulisan Surat Lamaran Kerja

Dalam penulisan surat lamaran kerja, pelamar kerja juga perlu memperhatikan kaidah-kaidah yang berlaku. Sehingga pelamar kerja perlu mengetahui kerangka-kerangka dari surat lamaran kerja tersebut.

Secara umum, dalam penulisan surat lamaran kerja memiliki 3 bagian utama, yaitu paragraf pembuka, pertengahan, dan penutup.

Paragraf Pembuka

Surat lamaran tentunya harus dimulai dari paragraf pembuka yang sebaik mungkin dan dapat menarik perhatian pembaca. Oleh karena itu, poin pertama dari AIDA (Attention) diperlukan dalam paragraf ini.

Hal hal diperlukan pada paragraf pembuka ini adalah :

1. Rangkuman
Jadi, pada bagian awal surat lamaran kerja pelamar perlu untuk menjelaskan kualifikasi yang dimiliki yang sesuai dengan jabatan yang ingin ia lamar dan menjelaskan manfaat yang dapat diberikan kepada perusahaan.

2. Nama
Setelah itu, pelamar dapat menjelaskan dari siapa ia memperoleh informasi tentang lowongan pekerjaan yang tersedia atau seseorang yang menyarankan pelamar untuk melamar kerja di perusahaan tersebut.

3. Sumber publikasi
Jika tidak memperoleh informasi lowongan kerja dari seseorang, pelamar juga dapat menyebutkan dari sumber mana pelamar memperoleh informasi tentang lowongan pekerjaan tersebut. Sumber pekerjaan tersebut bisa dari internet, surat kabar, majalah, radio, dll.

4. Pertanyaan
Gunakan kalimat tanya pada awal paragraf untuk menarik perhatian pembaca yang menunjukkan bahwa pelamar kerja mengetahui masalah, kebutuhan, dan tujuan suatu organisasi dan  menunjukkan bahwa pelamar mempunyai keinginan untuk memecahkan masalah tersebut.

Paragraf Pertengahan

Setelah menarik perhatian pembaca, selanjutnya pelamar perlu untuk menjelaskan kualifikasi yang ia milikinya untuk suatu pekerjaan tersebut. Dimana dalam menulis kualifikasinya penulis harus menulisnya secara singkat, padat, dan jelas (tidak boleh lebih dari 3 paragraf).

Dalam penulisan paragraf pertengahan, penulis harus memperhatikan poin ke-2 dan ke-3 dalam AIDA (Interest dan Desire) terhadap pembaca.

Hal yang dapat dijelaskan pada paragraf pertengahan adalah meliputi:

1. Pendidikan
Pendidikan sangat penting dan harus dijelaskan dalam menulis surat lamaran kerja maupun dalam membuat CV. Karena sekarang ini pendidikan menjadi sesuatu yang wajib untuk menduduki suatu posisi/jabatan tertentu.

Dimana dalam menjelaskan pendidikan ini, pelamar kerja dapat menjelaskan bagaimana pendidikannya relevan dengan pekerjaan yang ia lamar. Selain itu, pelamar kerja juga dapat menjelaskan pendidikan lain yang pernah ia tempuh.

2. Pengalaman kerja
Selanjutnya, pelamar kerja dapat menjelaskan berbagai jenis pekerjaan  yang pernah ia lakukan atau pernah lamar sehingga dapat memperkuat kualifikasi yang dimilikinya. Bagian ini dapat dilewati jika memang pelamar kerja belum memiliki pengalaman kerja.

3. Sikap, minat, aktivitas, dan kualitas
Setelah itu, selain pendidikan dan pengalaman kerja, pelamar kerja juga dapat menjelaskan hal-hal lain yang berkaitan dengan kemampuannya dalam bekerja. Misalnya seperti kemampuan untuk kerja sama dengan orang lain, sikapnya, hingga hobby yang ia miliki.

Paragraf Penutup

Terakhir surat lamaran kerja ditutup dengan paragraf penutup. Dimana dalam paragraf ini berisi suatu harapan (Action) dari pelamar terhadap pembaca mengenai keinginannya untuk melakukan wawancara. Dalam menulis keinginannya, penulis juga dapat mencantumkan alamat yang jelas, nomor telepon, e-mail sehingga perusahaan lebih mudah untuk menghubungi pelamar kerja.

Contoh Surat Lamaran Kerja


Dengan Hormat,

Saya melihat cuplikan berita terkait lowongan kerja yang bapak buka di internet dan sangat tertarik untuk menduduki posisi sales executive yang bapak buka. Saya juga memiliki kualifikasi yang untuk memenuhi posisi pekerjaan tersebut sesuai dengan yang bapak per syaratkan. Di samping itu, saya juga memiliki kemampuan berbahasa mandarin dan inggris yang dapat sangat dapat membantu dalam mendukung posisi tersebut.

Saya berusia 20 tahun, belum menikah, dan juga memiliki kesehatan yang baik. Saya juga sudah menyelesaikan studi SMU saya, serta sekarang ini, saya juga sedang menempuh studi S1 jurusan manajemen di Universitas Tarumanagara. Saya mengambil studi ini karena merasa studi ini dapat sangat membantu dalam mendukung kemampuan dan karier saya.

Saya juga sudah memiliki SIM A dan SIM C dan memiliki kemauan untuk kerja keras dan belajar dimana hal ini dicerminkan dari prestasi yang pernah saya raih yaitu gelar juara kelas ke-3 pada saat SMP. Saya memiliki kepribadian yang jujur dan siap untuk bekerja dalam tim, dimana saya sudah pernah mengikuti organisasi OSIS di sekolah saya. Selain itu, saya juga memiliki minat yang tinggi di bidang otomotif dan sangat mengikuti perkembangan otomotif sekarang ini.

Saya sangat gembira, jika bapak berkenan untuk mempertimbangkan prestasi dan kualifikasi yang saya miliki untuk mengisi posisi dari jabatan yang saya inginkan. Serta, panggilan untuk wawancara dengan bapak akan sangat saya harapkan.

Tips untuk Pelamar Kerja

Yang perlu diperhatikan:
  • Pelamar kerja harus mempunyai kualifikasi atau pengalaman kerja untuk posisi pekerjaan yang dikehendaki.
  • Bangkitkan minat terhadap kualifikasi yang dimiliki.
  • Tunjukkan hal-hal yang positif.
  • Usahakan surat lamaran kerja rapi, bersih, dan menarik.
  • Tulislah surat dari sudut pandang pembaca, bukan dari sudut pandang penulis.
  • Tekankan hal-hal yang membedakan dengan pelamar lainnya.

Yang harus dihindari:
  • Jangan melamar pekerjaan di luar kemampuan anda.
  • Jangan mengirimkan surat lamaran kerja hasil fotokopi.
  • Jangan mengatakan bahwa anda menerima jenis pekerjaan apa saja.
  • Hindari kata-kata yang berlebihan.
  • Jangan meminta belas kasihan terhadap perusahaan yang dilamar.
  • Hindari untuk mempermasalahkan gaji, kecuali jika ditanyakan pada saat wawancara kerja.
  • Jangan memberi komentar langsung tentang karakter pribadi.

Baca juga:

0 komentar