Friday, August 3, 2018

Teks Eksplanasi (Pengertian, Struktur, Kaidah, dan Contoh)

Teks Eksplanasi

Mungkin kalian sering mendengar tentang teks eksplanasi, sesuai namanya jika teks eksplanasi diartikan akan memiliki arti sebagai sebuah teks yang menjelaskan tentang sesuatu.

Anda mungkin akan pertama kali mengenal tentang teks eksplanasi saat duduk di bangku SMP/SMA, dimana materi tentang teks ini pertama kali dijelaskan.

Hanya saja, sebenarnya teks eksplanasi ini sering sekali kita jumpai di kehidupan sehari-hari, misalnya saat membaca koran, majalah, atau bahkan media online.

Tapi, apa pengertian sesungguhnya dari teks eksplanasi yang sebenarnya ?

Pengertian Teks Eksplanasi


Arti kata teks eksplanasi berasal dari bahasa inggris yaitu "explanation text" yang artinya :
"Text which tells processes relating to forming of natural, social, scientific and cultural phenomena. Explanation text is to say ‘why’ and ‘how’ of the forming of the phenomena. It is often found in science, geography and history text books."

Dimana jika diartikan, Teks eksplanasi adalah teks yang berisi tentang proses "bagaimana" dan "mengapa" atas suatu pristiwa yang berkaitan dengan fenomena alam, sosial, budaya, ilmu pengetahuan.

Sedangkan, pengertian dari teks eksplanasi menurut para ahli adalah :

Menurut Restuti, teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan tentang proses atau fenomena alam dan sosial.

Sedangkan menurut Mahsun, teks eksplanasi adalah teks yang dibuat dengan struktur yang terdiri dari bagian yang menunjukkan pernyataan umum (pembuka), deretan penjelasan (isi), serta interpretasi (penutup).

Struktur Teks Eksplanasi


Pada dasarnya struktur dari teks eksplanasi dibagi menjadi 2 bagian, yaitu :
  1. Pernyataan Umum.
  2. Deretan Penjelasan.

Namun, biasanya pada teks eksplanasi ditambahkan juga interpretasi (penutup), sehingga membuat struktur teks eksplanasi menjadi :
  1. Pernyataan Umum.
  2. Deretan Penjelasan.
  3. Interpretasi.

1. Pernyataan Umum

Pertanyaan umum merupakan bagian yang terletak di paling awal teks eksplanasi, dimana biasanya bagian ini biasanya menjelaskan mengenai fenomena atau isu yang akan dibahas pada teks eksplanasi secara umum saja.

Penjelasan umum yang dijelaskan pada bagian ini hanya berupa gambaran umum mengenai apa, mengapa, dan bagaimana suatu fenomena atau isu tersebut dapat terjadi.

Contohnya, pada teks eksplanasi yang membahas mengenai fenomena alam gempa bumi, maka pada bagian Pertanyaan Umum ini, hanya dibahas mengenai apa gempa bumi itu, mengapa gempa bumi terjadi, dan bagaimana pristiwa gempa bumi itu terjadi.

2. Deretan Penjelasan

Deretan penjelasan merupakan bagian yang menjelaskan tentang proses terjadinya suatu fenomena atau isu yang dibahas dari awal sampai akhir.

Bagian ini juga berfungsi untuk merincikan topik pembahasan yang telah dibahas sebelumnya di bagian pertama (peryataan umum).

Karena bagian ini merupakan isi dari teks eksplanasi, sehingga bagian ini merupakan bagian paling panjang, dan biasanya lebih dari 1 paragraf.

Contohnya, jika masih membahas tentang topik tentang gempa bumi. Maka yang dibahas pada bagian ini adalah merincikan mengapa gempa bumi dapat terjadi, dan juga menjelaskan penyebab dan akibat dari gempa bumi.

3. Interpretasi (penutup)

Interpretasi juga merupakan bagian dari struktur teks eksplanasi yang sesungguhnya tidak wajib ditambahkan.

Interpretasi (penutup) merupakan bagian akhir pada teks eksplanasi yang berisi tentang kesimpulan dari teks eksplanasi tersebut.

Dimana biasanya berisi tentang tanggapan dari pengarang tentang topik yang dibahas dari teks eksplanasi tersebut.

Kaidah Teks Eksplanasi


Terdapat juga kaidah kebahasaan yang harus digunakan dalam teks eksplanasi yaitu meliputi :
  1. Berfokus pada hal-hal terjadi secara umum (bukan karena manusia).
    Contoh : hujan, gempa bumi, tsunami, matahari.
  2. Menggunakan kata penghubung karena menjelaskan tentang urutan alur pristiwa.
    Contoh : mula-mula, selanjutnya, kemudian.
  3. Banyak menggunakan kalimat pasif.
    Contoh : gempa bumi terjadi karena .....
  4. Banyak menggunakan istiliah alamiah, karena topik yang dibahas merupakan sesuatu yang terjadi secara umum (alamiah).

Contoh Teks Eksplanasi


Tsunami
Istiliah "Tsunami" berasal dari bahasa Jepang yaitu dari kata "Tsu" yang artinya pelabuhan, dan "Nami" yang artinya gelombang. Sehingga secara harafiah tsunami diartikan sebagai ombak besar yang terjadi di pelabuhan.

Tsunami biasanya disebabkan oleh gempa bumi dalam laut. Dimana, gerakan vertikal dari kerak bumi mengakibatkan ketidakseimbangan air diatasnya. Sehingga, dapat menimbulkan gelombang besar sampai ke pantai.

Kecepatan gelombang tsunami tergantung pada kedalaman laut dimana gelombang tersebut terjadi. Dimana kecepatannya akan berkurang ketika masuk ke permukaan yang semakin dangkal. Hanya saja, tinggi gelombangnya yang justru meningkat.

Sehingga, hal ini membuat tsunami sebagai salah satu bencana yang dapat menimbulkan kerusakan yang sangat besar. Karena tsunami dapat menghapus bersih dan menyeret apa saja yang dilauinya. Oleh karena itu kita harus selalu waspada dan berhati-hati atas bencana alam tsunami ini.


EmoticonEmoticon