Sejarah Perkembangan Turtle Trading

Sejarah Perkembangan Turtle Trading

Sejarah pertama kali Turtle Trading ditemukan pertama kali pada tahun 1983, dimana komunitas traders Richard Dennis dan William Eckhardt.

Mereka melakukan percobaan bernama "The Turtle Experiment" untuk membuktikan bahwa siapapun dapat diajarkan untuk melakukan trading.


The Turtle Trading

Pada awal 1980-an, Dennis Richard dikenal sebagai salah satu trader yang sangat sukses.

Dia berhasil mendapat predikat sebagai salah satu trader yang sukses karena dia berhasil mengubah modal awalnya sebesar $5.000 menjadi $100 juta dengan melakukan trading saham.

Dia dan partnernya (William Eckhardt) sering berdiskusi mengenai kesuksesan mereka.

Dennis percaya bahwa semua orang dapat diajarkan dan sukses untuk melakukan trading di pasar berjangka (futures).

Sedangkan partnernya Willian Eckhardt membantah, dan mengatakan bahwa Dennis dapat sukses dalam melakukan profit karena bakat alaminya.

Akhirnya, dilakukan suatu eksperimen untuk menyelesaikan perdebatan ini.

Dimana Dennis mengumpulkan sekelompok orang untuk mengajarkan aturannya dalam melakukan trading dan kemudian menyuruh mereka untuk melakukan trading dengan uang sungguhan.

Dennis sangat yakin dengan opininya bahkan ia pun berani untuk memberi para trader uangnya sendiri untuk melakukan trading.

Asal mula kata Turtle Trading muncul karena Dennis menyebut murid-muridnya "Turtle" (kura-kura) karena mengingat peternakan kura-kura yang pernah ia kunjungi di Singapura dan memutuskan bahwa dia dapat menumbukan para trader secepat dan seefisien penyu bertani.

Finding The Turtles

Maksud dari "Finding The Turtles" adalah untuk melakukan percobaan tentunya diperlukanlah relawan dan dimana relawan atau muridnya tersebut disebut dengan istilah "Turtle".

Dennis mencari relawan yang bersedia untuk menjadi muridnya dengan memasang iklan di The Wall Street Journal yang merupakan surat kabar internasional yang diterbitkan di New York.

Dari ribuan trader yang ikut berpartisipasi dalam program ini untuk diajarkan teknik trading langsung dari Richard Dennis sendiri, hanya 14 trader yang berhasil lolos pada program "Turtle" tahap pertama.

Tidak ada yang mengetahui kriteria penilaian yang digunakan oleh Dennis Richard sendiri, tetapi salah satu dari proses tahapan proses penilaian berupa pertanyaan betul-salah, dimana bentuk pertanyaanya seperti berikut :
  1. The big money in trading is made when one can get long at lows after a big downtrend.
  2. It is not helpful to watch every quote in the markets one trades.
  3. Others' opinions of the market are good to follow.
  4. If one has $10,000 to risk, one ought to risk $2,500 on every trade.
  5. On initiation one should know precisely where to liquidate if a loss occurs.
(Dimana menurut metode ini "The Turtle Method" pernyataan 1 dan 3 salah, sedangkan pernyataan 2, 4, dan 5 benar)

Aturan Trading

Murid dari Dennis diajarkan secara spesifik untuk melakukan trading dengan menggunakan strategi mengikuti trend.

Intinya adalah bahwa "Trend adalah teman anda", jadi kalian harus membeli futures pada saat kondisi breaking-out (kondisi saat akan terjadi perubahan trend) ke atas, dan menjualnya pada saat kondisi breaking-out ke bawah bedasarkan data trend lampau yang ada.

Contohnya :

Contohnya seperti pada grafik data historis harga perak diatas yang digunakan sebagai acuan untuk membeli perak.

Sinyal untuk melakukan pembelian adalah saat kondisi breaking-up ke atas yang ditandai dengan 40 hari harga perak mengalami kenaikan.

Dan sinyal untuk dilakukan penjualan adalah saat kondisi breaking-up ke bawah yang ditandai dengan 20 hari harga perak mengalami penurunan.

Tetapi parameter yang sebenarnya digunakan oleh Dennis tetap dirahasiakan selama bertahun-tahun bahkan sekarang dilindungi oleh berbagai hak cipta.

Apakah Cara Ini Berhasil ?

Menurut mantan murid Richard Dennis, bernama Russel Sands, ia telah berhasil menghasilkan lebih dari $175 juta hanya dalam waktu 5 tahun.

Oleh karena itu, Dennis berarti telah membuktikan keraguannya bahwa semua orang dapat belajar trading dengan sukses.

Sands juga berkata cara ini masih cukup relevan dan berfungsi dengan baik dimana ia buktikan dengan menggunakan sistem Turtle Trading pada tahun 2007 dimana dengan modal $10.000 di awal tahun dan dapat mengubahnya menjadi $25.000 di akhir tahun 2007.

Penutup

Sebenarnya, tanpa bantuan dari Richard Dennis sebenarnya semua orang dapat sukses dalam melakukan trading dengan mengaplikasikan inti dari Turtle Trading.

Yaitu dengan melakukan pembelian saat akan terjadi trend naik, dan menjualnya pada saat trend akan turun.

Hanya saja, tentunya cara ini juga memiliki resiko yang bisa dibilang cukup besar, karena mungkin saja terjadi perubahan trend yang tentunya dapat memberikan resiko kerugian yang besar juga.

Sumber : Investopedia

0 komentar