Wednesday, January 3, 2018

Metode Transportasi VAM (Vogel's Approximation Method)

Metode Transportasi VAM

Metode transportasi VAM (Vogel's Approximation Method) adalah salah satu metode dalam transportasi untuk mencari solusi awal (Initial Solution).

Perbedaan antara metode VAM dengan 2 metode transportasi lainnya adalah dalam metode VAM, distribusi yang dilakukan biasanya sudah mendekati biaya minimum. Sehingga, biasanya hanya diperlukan satu kali perhitungan solusi akhir (Terminal Solution).

Untuk lebih jelas tentang 2 metode transportasi yang lainnya, dapat dilihat di :
Metode Transportasi NWCR
Metode Transportasi Least Cost

Langkah Pengerjaan

  1. Hitung selisih antara dua biaya terkecil dari setiap baris dan kolom. Dinamakan dengan biaya pinalti atau opportunity cost.

  2. Pilih baris atau kolom dengan biaya pinalti terbesar. Jika biaya pinalti pada baris atau kolom adalah sama, pilih biaya pinalti yang mempunyai nilai biaya transportasi paling rendah.

  3. Dari sel yang sudah dipilih, alokasikan jumlah barang sejumlah dengan nilai maksimum dari kapasitas maupun permintaan kolom atau baris.

  4. Ulangi langkah diatas dengan menghilangkan barus atau kolom yang sudah terpenuhi, hingga seluruh permintaan dan kapasitas terpenuhi.


Contoh Soal

Dounkey Corp. sedang merencanakan untuk mengalokasikan produk yang dihasilkan ke kota A, B, dan C. Berikut tabel transportasi yang sudah disusun oleh manajer Dounkey Corp. (Biaya dalam $, permintaan dan kapasitas dalam unit).

Tabel transportasi Dounkey Corp.
Tabel Transportasi Soal

Jawab


Tahap Pertama

  1. Menghitung biaya pinalti (opportunity cost) dari masing-masing kolom dan baris. Biaya pinalti dihitung dengan mengurangi 2 biaya terkecil pada masing-masing baris atau kolom.

  2. Memilih 1 biaya pinalti yang paling besar dari baris atau kolom.

  3. Alokasikan sebanyak mungkin ke sel dengan biaya termurah, sesuai dengan kapasitas dan permintaan.

  4. Tabel Transportasi VAM 1

  5. Dari hasil perhitungan, diketahui bahwa permintaan dari kota A telah dipenuhi sebanyak 175 unit dari kapasitas pabrik 2.

  6. Karena kapasitas pabrik 2 telah habis, sehingga baris pabrik 2 dapat diabaikan pada perhitungan biaya pinalti berikutnya.

Tahap Kedua

  1. Menghitung kembali masing-masing biaya pinalti dengan mengabaikan baris dari pabrik 2.

  2. Memilih 1 biaya pinalti yang paling besar dari baris atau kolom.

  3. Alokasikan barang sebanyak mungkin ke sel dengan biaya termurah sesuai dengan kapasitas dan permintaan.
  4. Tabel Transportasi VAM 2

  5. Dari hasil perhitungan, diketahui bahwa permintaan kota B telah terpenuhi yaitu sebesar 100 unit, dan kapasitas dari pabrik 3 sudah digunakan sebanyak 100.

  6. Kolom kota B yang telah terpenuhi permintaannya dapat diabaikan pada perhitungan biaya pinalti berikutnya.

Tahap Ketiga

  1. Menghitung kembali masing-masing biaya pinalti dengan mengabaikan kolom B dan lanjutkan seperti langkah-langkah sebelumnya.
  2. Tabel Transportasi VAM 3

  3. Dengan demikian, permintaan di kota A telah terpenuhi seluruhnya sebesar 200 unit, begitu pula dengan permintaan kota B yang telah terpenuhi seluruhnya sebanyak 100 unit.

  4. Sehingga, sisa kapasitas yang belum terpenuhi adalah dari pabrik 1 sebesar 150 unit dan dari pabrik 3 juga sebesar 150 unit.

  5. Sisa permintaan yang belum terpenuhi dari kota C sebesar 300 unit, sehingga kekurangan di kota C akan dipenuhi oleh sisa kapasitas di pabrik 1 dan 3. Sehingga didapatkan :
Tabel Transportasi VAM 4

Tahap Keempat

Menghitung biaya transportasinya.
Pabrik 1 ke kota C : 150 unit x $ 10 = $ 1.500
Pabrik 2 ke kota A : 175 unit x $ 7 = $ 1.225
Pabrik 3 ke kota A : 25 unit x $ 4 = $ 100
Pabrik 3 ke kota B : 100 unit x $ 5 = $ 500
Pabrik 3 ke kota C : 150 unit x $12 = $ 1.800

Total biaya = $ 1.500 + $ 1.225 + $ 100 + $ 500 + $ 1.800
Total biaya = $ 5.125

Total biaya transportasi yang didapat dalam metode VAM (Vogel's Approximation Method) bukanlah total biaya minimum. Karena metode VAM merupakan solusi awal (Initial Solution), sehingga diperlukan perhitungan lebih lanjut dengan solusi akhir (Terminal Solution) berupa :
  1. Metode MODI (Modified Distribution Method)
  2. Metode Stepping Store

3 comments:

  1. makasih banyak untuk ilmunya :) penyampaian dalam tulisan ini sangat mudah untuk dipahami.......

    ReplyDelete
  2. Kok mahal x.biayanya
    Saya bisa dapat lebih murah biayanya.coba cek lagi penyelesaian metode nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya karena metode vam hanya untuk menghitung solusi awal, nah untuk menghitung biaya minimum baru dihitung menggunakan metode MODI atau stepping stone, dimana saya hitung kembali biaya mnimumnya dengan metode modi yang bisa dilihat di https://www.dounkey.com/2018/01/metode-transportasi-modi.html

      Delete


EmoticonEmoticon